[VIva.co.id] Membedah Wajah Baru VIva yang Semakin "Berwarna"

Kebutuhan manusia akan informasi yang cepat dan akurat ternyata telah menjadi salah satu hal yang penting dalam kehiduan sehari-hari. Dengan mengetahui  banyak hal dari berbagai sumber informasi baik dari media televisi maupun media cetak secara otomatis kita akan merasa percaya diri dalam bergaul dan berinteraksi dengan orang lain. Karena dengan mengetahui berbagai macam informasi terbaru yang sedang hangat-hangatnya dibicarakan publik maka dengan mudah pula kita bisa mencerna topik yang biasa orang lain bahas dalam pergaulan setiap harinya. Bayangkan jika anda ketinggalan atau bahkan tidak mengetahui sama sekali berita terbaru yang sedang  menjadi tranding topik, anda akan kesulitan untuk bisa mengerti apa yang sedang orang lain bahas saat ini. 

Tentu anda tidak mau dibilang orang yang ketinggalan berita atau dianggap orang yang tidak nyambung oleh teman-teman anda saat anda sedang berkumpul bersama mereka dan kebetulan sedang membicarakan  satu topik tertentu dan anda tidak tahu menau tentang topik yang dibahas tersebut. Bisa-bisa teman-teman anda akan malas mengobrol dengan anda atau bahkan mengucilkan anda garsa-gara anda dianggap orang yang tidak kompeten atau tidak nyambung ketika diajak berdiskusi tentang suatu topik yang sedang dibahas. Disaat seperti itulah kita akan sadar bahwa kebutuhan akan informasi sangatlah penting. Bahkan bisa dikatakan telah menjadi kebutuhan kita sehari-hari. 

Jujur aku sendiri baru menyadari pentingnya mengetahui berbagai macam informasi ketika kini aku sudah  tinggal ngekos sendiri. Dulu sebelum aku ngekos aku selalu memperbaharui informasi melalui berita-berita di televisi yang biasa aku tonton setiap hari. Namun kini baru terasa susahnya memperolah informasi karena di tempat kosanku tidak tersedia TV seperti di rumah orang tuaku dulu. Otomatis aku sering ketinggalan berita-berita terbaru karena jarang menonton berita di TV lagi.

Disaat kini aku kesulitan untuk bisa menyaksikan berita melalui siaran televisi seperti halnya dulu, aku baru menyadari mengapa orang-orang suka membaca koran. Koran yang dulu aku anggap tidak lebih dari sekedar kertas yang selalu dijadikan pembungkus gorengan ternyata memiliki fungsi yang  sangat berguna . Dengan membaca koran atau berlangganan koran setiap harinya dapat menambah referensi berita yang kita butuhkan setiap hari. Terlebih bagi anda yang tidak sempat menonton berita di televisi yang biasanya disiarkan dipagi hari pas jam masuk kantor karena harus cepat-cepat berangkat kerja.

Meskipun demikian sampai detik ini aku tidak pernah suka membaca koran. Tampilan koran yang menurut aku membosankan menjadi salah satu alasan mengapat aku  tidak suka membaca berita di koran. Namun berkat adanya internet aku tidak perlu takut lagi ketinggalan berita.  Melalui internet aku bisa mendapatkan informasi terhangat kapanpun dan dimanapun baik itu melalui ponsel yang sudah terintegrasi dengan internet ataupun melalui fasilitas internet di tempat kerja. Sehingga Aku lebih suka membaca berita dari situs-situs berita online yang saat ini sudah semakin banyak menghiasi dunia internet daripada harus membacanya di koran.  Selain tampilannya yang lebih menarik dari pada koran, informasi dari situs berita online lebih beragam dan asyik untuk di baca.  Salah satu situs berita online favoritku yang selalu menjadi referensiku untuk menambah pengetahuan akan informasi terbaru adalah situs viva.co.id.

Situs viva.co.id adalah situs berita sekaligus komunitas online yang menyediakan berbagai macam berita terupdate setiap harinya.Sejak diluncurkannya situs ini tepatnya pada tanggal 17 Desember 2008, viva.co.id sudah menjadi salah satu situs berita online yang bermutu. Dan kini setelah hampir tiga setengah tahun mengudara viva.co.id telah menjadi salah satu situs berita online terdepan dan terpopuler di Indonesia. Untuk menjaga eksistensinya viva.co.id berusaha untuk selalu menampilkan sesuatu yang baru. Seperti halnya sekarang ini. Bila anda perhatikan secara seksama, ada hal baru yang meambuat situs ini semakin menarik. Pasti bagi anda yang sering membaca berita di situs ini dapat dengan mudah mengetahui apa hal baru yang membuat situs ini berbeda dari sebelumnya. Coba perhatikan baik-baik tampilan websitenya. Sekarang viva.co.id hadir dengan tampilan baru yang lebih aktraktif, variatif serta full color sehingga membuat para pembacanya semakin merasa kerasan untuk berlama-lama membaca berbagai macam informasi terkini yang ditampilkan di situs ini. Design template websitnya yang menarik ditambah dengan tata letak isi postingan yang apik dan juga tidak ketinggalan pemasangan iklan di website yang terlihat teratur dan tidak terlalu ramai membuat para pembacanya nyaman membaca berita di situs ini. 

Ketika kita membuka situs ini, kita akan langsung disuguhi dengan tampilan front page website yang menarik. Slideshow gambar related post berukuran besar  yang berada tepat di depan website memberikan kesan hidup pada website tersebut. Dengan melihat tampilah slideshow front page tersebut para pembaca akan tertarik untuk mengklik berita yang ditampilkan pada menu slideshow tersebut. Selain itu ada pula menu Fokus berupa judul berita lengkap dengan gambar thumbnail berukuran lebih kecil  yang berada tepat diatas menu slideshow front page tersebut. Menu fokus ini tidak kalah menariknya dengan menu slideshow karena dapat menampilkan beberapa postingan lengkap dengan thumbnail gambarnya secara acak. 

Beralih kebagian header. Pada bagian header situs viva.co.id memiliki konsep yang berbeda dengan situs berita online pada umumnya. Logo situs yang biasanya diletakan di bagian pojok kiri header website, di viva.co.id logo tersebut diletakan di bagian tengah header. Sementara bagian pojok kiri header website di tempatkan banner iklan kecil dan di bagian pojok kanannya ditempatkan menu search dan login. Dengan tampilan seperti itu dapat memberi kesan simple pada blog tersebut. 

Selanjutnya bagian slidebar website. Pada bagian slidebar website viva.co.id yang baru ini terlihat susunan banner iklan yang teratur. Pada bagian ini juga terdapat beberapa kolom widget yang menarik seperti kolom viva everywhere, momentum, wawancara, galeri foto dan juga kolom Berita terbaru dan terpuler. Khusus untuk kolom berita terbaruntum, wawancara, galeri foto dan juga kolom Berita terbaru dan terpuler. Khusus untuk kolom berita terbaru dan terpopuler, dengan kolom ini para pembaca dapat dengan mudah memilih berita yang sedang menjadi tranding topic serta berita yang paling sering dibaca oleh para pengunjung situs ini tanpa harus mencarinya di menu search. 

Pada bagian isi atau tengah website terdapat macam-macam pilihan berita dari berbagai katagori yang bisa anda pilih. Masih di bagian tengah website viva.co.id terdapat pula banner iklan yang biasanya menampilkan iklan yang disesuaikan dengan momentum yang sedang terjadi di masyarakat. Seperti contohnya menu banner ramadhan yang berisi berita-berita seputar ramadhan dan tentunya informasi tentang ramadhan lengkap dengan jadwal imsakiyah. 

Tepat dibawah banner ramadhan ada pula banner Poling SMS Pemilihan Gubernur DKI Jakarta yang dihadirkan untuk memeriahkan momen pesta demokrasi Jakarta yang akan mengadakan pemilihan gubernur putaran ke 2. Dan masih banyak lagi.  Tidak hanya itu ada pula galeri video yang menampilkan berbagai macam berita yang disiarkan oleh stasiun televisi tvone dan antv. Sehingga para pembaca yang tidak sempat meyaksikan berita yang disiarkan tvone dan antv di televisi bisa melihatnya kembali di menu tersebut. 

Selanjutnya masih pada bagian isi terdapat pula kolom jelajah fortal viva yang menampilkan berita terbaru dari beberapa situs pendukung viva.co.id. lengkap dengan thumbnail gambar related postnya. Sehingga melalui kolom tersebut para pembaca dapat mengetahui berita terbaru apa saja yang sedang dibahas di masig-masing situs pendukung viva tersebut. Situs pendukung yang dimaksud disini bisa diartikan sebagai menu kategori page yang biasanya sejajar dengan menu Home (viva) yang berada di bagian atas website.
Viva.co.id Terdiri atas:

VIVAnews dengan warna template blog yang sama dengan warna template viva.co.id yaitu dominan warna merah.  Berikut gambar screenshotnya



VIVAbola, jika kita memilih kategori ini otomatis kita diarahkan pada halaman baru namun masih tetap dalam jendela yang sama dengan templete blog yang berbeda dari sebelumnya. Pada kategori bola ini, template blog viva yang awalnya dominan merah berubah menjadi hijau. Vivabola  berisi informasi tentang dunia sepak bola baik dari nusantara maupun mancanegara. Berikut gambar Screenshotnya
VIVAlife berisi informasi  tentang dunia selebriti baik dari nusantara maupun mancanegara jika kita memilih kategori ini template blog viva otomatis akan berubah menjadi warna yang bervariatif yang terkesan modern dan glamor. Berikut Screenshotnya
VIVAlog atau yang biasa disebut dengan Vlog adalah salah satu kategori favorit aku. Melalui Vivalog kita bisa menampilkan postingan blog kita. Baik itu blog yang gratisan berbasis blogspot dan wordpress maupun blog berbayar. Dengan tampilnya blog kita di Vlog otomatis akan menambah traffic pengunjung ke blog kita. Karena pastinya blog kita akan dilihat oleh semua orang yang mengunjungi situs ini. Berikut Screenshotnya
Namun sebelum kita dapat memunculkan blog kita di Vivalog ini, kita harus mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Cara daftarnya sangat mudah. Anda tinggal tekan menu registrasi dan isi form isian yang disediakan seperti gambar dibawah ini:
Nah setelah anda terdaftar sebagai anggota viva maka anda bisa memunculkan blog anda di situs ini dengan mengklik menu kirim Vlog. Nah setelah anda mengirim postingan blog anda lewat Vlog, postingan anda tidak akan langsung tampil karena harus di review terlebih dahulu. Namun jangan khawatir selama tulisan anda tidak melanggar sara dan ketentuan yang berlaku maka dijamin postingan anda akan tampil di situs tersebut cepat atau lambat.Postingan blog kita nantinya akan dikatagorikan sesuai dengan tema. Katagori tersebut diantaranya entertainment, lifestyle, otomotif, sport, dunia, ekonomi, politik, wisata, sosial, budaya, teknologi lainnya dan indeks. Seperti halnya warna template blog di kategori lain, di kategori vlog ini warna template blog berubah menjadi warna ungu. 

VIVAsocio, dengan warna template blog berwarna orange VivaSocio merupakan tempat jejaring sosial tidak jauh beda seperti halnya pada situs jejaring sosial lainnya.  Berikut gambar Screenshotnya

 
VIVAforum, tidak jauh beda dengan namanya vivaforum merupakan tempat diskusi online antar komunitas penggunablog viva. Sama halnya dengan forum-forum dunia maya pada umumnya, untuk bisa bergabung dengan komunitas tersebut atau berkomentar di forum tersebut kita perlu registrasi keanggotaan terlebih dahulu. Melalui vivaforum ini kita bisa sharing pengalaman dan informasi dengan anggota forum yang lainnya. Terdapat beberapa katagori dalam vivaforum diantaranya indeks, jual beli, beranda, kawasan bloger, komunitas, regional, otomotif, sport, hobi dan karir. Lengkap kan. Pada Vivaforum warna template blog berubah menjadi warna biru. Berikut gambar screenshotnya


Nah lengkap kan.Dengan viva.co.id kita tidak perlu merasa cemas ketinggalan berita terupdate setiap harinya. Demikianlah ulasanku tentang wajah baru viva di mataku.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat buat anda semua.



Comments

Popular posts from this blog

Leonel Messi Profile and His Achievements in The World of Football

Cristiano Ronaldo Profile, His Mansions and His Luxury Cars

Pengalaman Beli Rumah Pertama Kali (Part 3) - Akhirnya Sukses Melakukan Akad KPR Syariah dan Akad Jual Beli Rumah dengan Sangat Lancar